Pages

Pages

Pages

Pages

Saturday, December 22, 2012

TOKOH DAN ALIRAN MANAJEMEN




2.1 TOKOH MANAJEMEN
-Robert Owen(1771-1858)
Beliau adalah seorang industriawan dan pembaharu di inggris,beliau adalah manajer  pertama yang menyadari dan mengakui pentingnya sumberdaya manusia.
-Charles Babbage(1792-1871)
Beliau seorang ahli matematika yang memusatkan perhatian pada efisiensi produksi. Kontribusi utamanya adalah pemikiran tentang perlunya pembagian kerja dan menganjurkan pengguanaan konsep matematika untuk menyelsaikan berbagai persoalan penanganan fasilitas dan bahan yang efisien.
TEORI MANAJEMEN ILMIAH
Fokusnya adalah tugas dari pegawai perindividu

-Frederich W.Taylor(1856.-1915)
Beliau adalah seorang mandor pada perusahaan baja Midvale Philadelphia.beliau adalah orang pertama yang mencurahkan perhatian kepada penggunaan tenaga kerja yang efisien,karena beliau tidak menyukai kinerja buruh yang kurang efisien.
Tujuanya adalah menggunakan metode ilmiah guna menetapkan standar  bagi penyempurnaan suatu tugas dengan cara terbaik.untuk mencapai tujuan ini,tekanan pekerjaan diorganisir sehingga setiap orang dibebani suatu standar pekerjaan yang dispealisasi tinggi,didasrkan atas metode penyempurnaan pekerjaan yang paling efisien dan penghargaan atas dasar pencapaian tugas.
-Frank Gilbert(1869-1924) dan Lilian Gilbert(1878-1972)
Mereka berdua adalah suami istri dan juga insinyur industri.mereka berdua sangat berminat atas studi gerak dan waktu(time and motion study)dan penyederhanaan kerja(simplification order)Gilbert menemukan metode yang lebih efektif dan efisien didalam membuat suatu gedung/bangunan.
-Henry Gantt(1861-1919)
Beliau asisten dari frederich w. taylor di Midvale dan Bethlehem steel.beliau mengembangkan dua teknik spesifik didalam memperbaiki hasil/produksi(output)pegawai yaitu:
-metode bagan gantt(gantt chart)
-sistem pengupahan
-sistem penggajian supervisor
-Harrinton Emerson
Beliau seorang konsultan manajemen,penganjur yang kuat didalam membuat perbedaan yang tegas antara peran lini dan peran staff didalam organisasi.
TEORI ORGANISASI KLASIK
Fokusnya adalah berkaitan dengan manajemen oeganisasi secara keseluruhan,perhatian atas kinerja individu di abaikan.
-Henry fayol(1841-1925)
Henry fayol merupakan orang pertama yang mengindentifikasikan fungsi manajemen spesifik seperti planning,organization,actuating and controlling(POAC)
-Lyndal urwick(1891-1983)
Pemikiran beliau adalah petunjuk umum tentang efektivitas guna memperbaiki efektivitas manajemen organisasi.
-Max Weber(1864-1920)
Pemikiran beliau berkaitan dengan birokrasi yang meletakan dasar bagi teori organisasi modern.
-Cester barnard(1886-1961)
Pemikirannya dituangkan didalam bukunya the function of executive,yakni konsep pengakuan otoritas.teori ini mempertahankan bawahan mempertimbangkan legitimasi pengarahan pengawas dan kemuduian memutuskan apakah akan mengikutinya atau menolaknya.bawahan seharusnya menolak jika legitimasi pengawas disalah gunakan dan menerimanya jika secara rasional dapat dipertanggung jawabkan.
TEORI MANAJEMEN PERILAKU
Merupakan teori yang menempatkan penekanan pada sikap individu dan perilaku pada proses kelompok.teori ini adalah praktik penerapan konsep psikologi terhadap tatana industri.
Hugo Munsterberg(1863-1916)
Pemikiran beliau yang dituangkan dalam buku psicology and industrial efficiency,menyarankan agar psikologi dapat dijadikan kontribusi empiris untuk para manajer dalam kaitannya dengan bidang seleksi dan motivasi.
Mary parker follett
Beliau merasa bahwa organisasi sebaiknya lebih demokratis didalam mengakomodasikan pegawai dan manajer.
Elton mayo
Bahwa perilaku pegawai dapat direkayasa kearah produktivitas meningkat,menurun atau tetap.
GERAKAN HUBUNGAN ANTAR MANUSIA(HUMAN RELATION MOVEMENT)
Didalam teori gerakan hubungan antar manusia ditegaskan bahwa pegawai pada prinsipnya akan menanggapi/merespons hubungan social termasuk kondisi social,sentimen dan situasi hubungan antar pribadi didalam lingkungan kerja.
Abraham maslow(1908-1970)
Beliau adalah ahli manajemen yang mengajukan teori bahwa orang sangat dimotivasi(didorong) oleh serangkaian kebutuhan yang meliputi insentif keuangan ,pengakuan social,dan factor lainya.teori Abraham maslow ini dikenal dengan Hierarki kebutuhan.
Douglas mcgregor(1906-1964)
Douglas mcgregor mengembangkan lebih lanjut teori Abraham maslow,yang dikenal dengan teori Xdan Y.
Teori X merupakan teori yang pesimis dan negative terhadap tenaga kerja dan teori ini sangat cocok dengan manajemen ilmiah.sedangkan teori Y sebaliknya berpandangan positif terhadap tenaga kerja dan mencerminkan asumsi yang mendukung teori hubungan antar manusia.
Perilaku organisasi
Para ahli manajemen kontemporer telah menyatakan bahwa banyak sekali pernyatann yang tegas dari teori hubungan antar manusia yang terlalu sederhana dan uraian yang kurang jelas mengenai perilaku organisasi
Teori manajemen kuantitatif
Teori manajemen kuantitatif memusatkan keoada pengambilan keputusan,efektivitas,dan efesiensi ekonomi,model matematika formal dan penggunaan computer,teori manajemen kuantitatif dibagi menjadi 3 bagian:
1.ilmu manajemen murni(management science)memusatkan perhatianya kepada                                    pengembangan model matematika.
2. manajemen operasi(operation management)kurang bersifat matematis dibandingkan ilmu manajemen dan konsep ini lebih mengacu kepada situasi manajerial.
3. system informasi manajemen(management information system)merupakan system yang dirancang khusus untuk menyediakan informasi yang sistematis(tidak acak) bagi manajer didalam meleksanakan tugasnya.
Teori system
Didefinisikan sebagai seperangkat unsur yang saling terkait yang berfungsi secara keseluruhan.
Subsistem
Merupakan system dalam system dimana suatu system akan terkaitdengan system lain yang lebih besar atau tinggi.
Sinergi
Sinergi adalah keseluruhan akan lebih besar dari jumlah seluruh bagian yang ada,madsudnya bahwa suatu input ditambahkan terus maka output akan bertambah sampai batas optimal,akan tetapi penambahan setelah mencapai batas optimal akan mengakibatkan penurunan output.
Entropi
Entropi adalah suatu proses dimana system menjadi rusak atau hancur.
Teori kemungkinan
Teori kemungkinan menganjurkan bahwa perilaku manajerial yang tepat akan sangat tergantung kepada situasi yang ada dan berbagi macam unsure yang ada pula
Hal yang harus diperhatikan didalam teori kemungkinan adalah:
-perlakuan yang sama memberikan hasil yang sama.
-kemungkinan yang sama memberikan hasil berbeda.
Kemungkinan yang berbeda memberikan hasil berbeda.
-kemungkinan yang berbeda memberikan hasil yang sama.
Teori Z
Teori Z ini dicetuskan oleh William ouchi pada tahun 1984 sebagai upaya mengintegrasikan praktik bisnis di Amerika serikat dan jepang kedalam satu kerangka acuan dasar.
Gerakan konsep unggulan
Konsep ini disampaikan/dikenalkan oleh Thomas J peters Robert H waterman.pendekatan konsep ini bahwa perusahaan unggulan yang memiliki sejarah keberhasilan jangka panjang umumnya telah menerapkan konsep manajemen secara sistematis,sehingga perusahaan unggulan ini mempunyai kekuatan yang lebih besar dibandingkan perusahaan lain.karakteristik dasar konsep unggulan dengan manajemen sistematis mengcakup:
-mengerjakan tugas secara tepat waktu
-dekat dengan pelanggan
-mempromosikan otonomi dan kewirausahaan
-memaksimalkan produktivitas melaui orang
-menggunakan manajemen dengan pendekatan berkelanjutan
-melakukan yang terbaik
Memelihara struktur organisasi yang sederhana dan ramping
-menerapkan dan memajukan sentralisasi dan desentralisasi bersama.

1 comment:

  1. Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
    as a first time visitor to your blog I am very impressed.
    Economics :)

    ReplyDelete