Pages

Pages

Pages

Pages

Saturday, December 1, 2012

PENGERTIAN MANAJEMEN DAN ORGANISASI

BAB 1 PENGERTIAN DAN LINGKUNGAN MANAJEMEN 1.1 PENGERTIAN MANAJEMEN DAN PENGERTIAN ORGANISASI Kata manajemen merupakan kata sarapan dari kata bahasa inggris “management” dalam bahasa Indonesia padana kata ya cocok adalah “tata laksana” yang berarti pengaturan atau cara kerja.george R.Terry berpendapat bahwa “manajemen adalah pencapaian tujuan (organisasi) yang sudah ditentukan sebelumnya dengan mempergunakan bantuan orang lain”. Kata organisasi merupakan kata serapan dari kata bahasa inggris “organization”,yang artinya mengatur atau kumpulan sesuatu yang diatur bekerja sama.jadi pengertian organisasi ini adalah “kumpulan manusia dan sarana pendukung yang diikat pada suatu kesatuan untuk mencapai tujuan bersama Agar organisasi dapat beroprasi dengan lancer,perlu ada manusia yang mengatur organisasi itu sendiri(manajer) 1.2 DIMENSI MANAJEMEN -Manajemen sebagai suatu proses kerja sama -Manajemen sebagai suatu seni -Manajemen sebagai suatu ilmu 1.3 PENTINGNYA MANAJEMEN Dalam mencapai tujuan,penting manusia senantiasa memperhatikan kerja sama dengan manusia lain dan sarana pendukungnya.dengan mengerti manajemen,manusia secara rasional akan bertindak secara efisien dan efektif..menghindari proses manajemen berarti rela tidak memperoleh tujuan organisasi secara optimal,efektif,dan efisien. 1.4 TINGKATAN JABATAN MANAJEMEN 1.Menurut tingkatannya a. manajer lini bawah manajer lini bawah ini secara langsung mengawasi tenaga kerja yang melakukan pekerjaan awal/operator.contoh mandor atau supervisor bagian produksi,supervisor atau kepala urusan administrasi kantor. b. manajer menengah manajer yang mengarahkan,membimbing,dan mengawasi manajer lini bawah. c. Manajer puncak merupakan kumpulan manajer yang bertanggung jawab terhadap jalanya dan keberhasilan organisasi secara keseluruhan.contoh direksi,direksi utama 2. Menurut fungsinya Merupakanmanajer yang bertanggung jawab hanya kepada aktivitas yang terkait dengan fungsinya a. Manajer produksi b. Manajer sumberdaya manusia c. Manajer pemasaran d. Manajer keuangan e. Manajer riset dan pengembangan,dll 1.5 KEAHLIAN MANAJER a. keahlian teknik(technical skill) merupakan kemampuan untuk menggunakan berbagai peralatan,prosedur atau teknik dalam bidang tertentu. b. keahlian masalah kemanusiaan(human skill) merupakan kemampuan untuk dapat mengerti dan memahami karakteristik orang lain,berpartisipasi secara aktif dengan orang lainmengetahui potensi dan kelemah an manusia,harapan masa depan dan reaksi terhadap ancaman terhadap diri man usia itu. c. Keahlian konseptual(conceptual skill) merupakan kemampuan untuk dapat melihat secara sistematis dan komprehensif atas semua aktivitas dan kepentingan organisasi. d. Keahlian strategi(strategic skill) merupakan keahlian yang diperlukan bagi manajer untuk dapat melihat organisasi sebagai suatu system dimana gangguan atau keberhasilan dari unit organisasi akan mempengaruhi kegagalan dan keberhasilan organisasi. Agar keahlian terasah dengan baik,manajer perlu meningkatkan kualitas kinerja dirinya dari sumber keahlianya,sumber keahlian manajer yang paling dominan adalah Pendidikan dan pengalaman. 1.6 TINGKATAN MANAJEMEN DAN KEAHLIAN MANAJER Robert L. kaatz mengindentifikasikan 3 macam keahlian yang diperlukan oleh manajer: a.keahlian tehnik b.keahlian manusiawi c.keahlian konseptual 1.7 PERAN MANAJER Peran manajer terbagi menjadi 3 peran menurut Henry Mintzberg a.peran antar pribadi b.peran informasional c.peran keputusan 1.8 ILMU DAN SENI DALAM MANAJER Ilmu dalam manajemen merupakan hal yang mendasar,tanpa adanya ilmu maka Perilaku manajemen akan menjadi rancu dan kacau sebab semuanya berlaku Tidak pada prinsip rasionalitas dan jika ini terjadi maka keputusan manajemen Sangat sulit dipertanggung jawabkan. Seni dalam manajemen adalah daya kreatif pribadi ditambah keahlian dalam Berkarya/berkinerja. 1.9 ETIKA MANAJEMEN Manajer dituntut untuk berpegangan dalam prinsip moral universal dan para pihak Yang berhubungan dengan manajer harus memahami dan mengerti mengenai Prinsip moral yang diyakini dan dipegang teguh oleh manajer. 1.10 PENDIDIKAN MANAJEMEN Untuk memadukan konsep teoritis,model dan kondisi praktis maka diperlukan Pendidikan manajemen.pendidikan manajemen harus mengarah kepada seni Manajemen yang kemudian dikembangkan dengan konsep teoritis dan model Manajemen. 1.11 PENDEKATAN MANAJEMEN SEBAGAI ILMU a.pendekatan klasikal,merupakan pendekatan tertua yang menekankan/ memfokuskan pada rasionalitas dan effesiensi. b.pendekatan perilaku,merupakan pengembangan dari pendekatan klasik( yang dianggap tidak dapat mencapai total efektifitas,total effesiaensi dan masih sering sekali muncul ketidakharmonisan didalam organisasi) dengan memperhatikan aspek manusiawi yang menggunakan pendekatan konsep psikologi,sosiologi,antropologi,dan disiplin perilaku lain guna membantu manajer agar dapat memahami perilaku manusia dilingkungan kerja c.pendekatan ilmiah,merupakan pendekatan yang memberlakukan organisasi sebagai objek penelitian dan digunakan ilmu matematik dan statistic untuk mem- bantu manajer dalam pemecahan masalah organisasi yang diteliti. d.pendekatan system,merupakan pendekatan yang memandang organisasi sebagai kumpulan bagian yang saling terkait satu sama lain kearah tujuan ber- sama yang telah disepakati. e.pendekatan kemungkinan,merupakan pendekatan yang beranggapan keberhasi- lan praktik manajemen sangat dimungkinkan dengan situasi dan kondisi yang mendukung. 1.12 TUGAS MANAJER Manajer mempunyai tugas pokok pengelolaan(meliputi perencanaan,pengorganis- -asian ,pengarahan,perintahpengawasan dan pengevaluasian) sebagai berikut: a.mengelola pekerjaan dan organisasi. b.mengelola orang c.mengelola semua unsure organisasi bisnis,seperti produksi,tenaga kerja,pemasaran,keuangan,riset,dan pengembangan semua sarana dan prasarana yang dimiliki organisasi